Jalan Takwa

Resensi Buku Jalan Takwa Karya Idrus Abidin: Telaah Kritis Berwawasan Akademik

Buku "Jalan Takwa" karya Idrus Abidin menghadirkan diskursus yang sistematis dan komprehensif tentang tingkatan keimanan dan ketakwaan umat Islam, berlandaskan Surah Fathir ayat 32. Penulis mengkategorikan pewaris Alquran ke dalam tiga strata:

  • Tingkat Pemula (Al-Mubtadi'un): Dikarakteristikkan dengan minimnya pengetahuan agama, sehingga mudah terjerumus dalam perselisihan dan pelanggaran terhadap ketentuan Alquran.
  • Tingkat Menengah (Al-Mutawassitun): Kelompok ini berusaha konsisten dalam menyesuaikan diri dengan ajaran Alquran, menunjukkan komitmen dan keistiqamahan.
  • Tingkat Profesional (Al-Kamilun): Keyakinan mereka terhadap kebenaran Alquran sangatlah kuat, sehingga mereka senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

  • Buku ini secara metodologis menjelaskan ciri-ciri dari setiap tingkatan, disertai panduan praktis untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Bahasa yang digunakan lugas, mudah dipahami, dan diperkaya dengan contoh-contoh konkret yang memperjelas pemahaman pembaca.

    kesimpulan:

    "Jalan Takwa" menawarkan panduan berharga bagi umat Islam yang ingin memperdalam keimanan dan ketakwaan. Buku ini memberikan gambaran yang jelas tentang tingkatan keimanan dan ketakwaan, serta memotivasi pembacanya untuk terus meningkatkan diri. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan, buku ini tetaplah menjadi sumber rujukan yang valuable bagi pemuka agama, akademisi, dan masyarakat umum yang ingin mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam secara lebih mendalam.


    Oleh: Sensen

    Post a Comment

    Previous Post Next Post